Jumat, 19 Desember 2008

Era nya pasar Netbook


Akhir tahun yang begitu mendung buat Industri PC. Akibat dari resesi global yang membuat pasar menjadi kalang kabut. Dan saatnya sekarang beralih ke era netbook yang mana penjualan netbook semakin meningkat meskipun krisis melanda. Malapetaka buat merk-merk besar dari industri pc yang mengalami kerugian besar karena pertumbuhan yang hanya mengalami pertumbuhan sedikit di tahun ini.

Dengan adanya resesi dunia yang mana penjualan semakin rendah dan konsumen memilih untuk mencari produk yang lebih murah dan mereka akan beralih ke pasar netbook. Pada tahun 2007 netbook diperkenalkan oleh Asus dengan Eee PC nya yang mendapat respon hangat dari konsumen. Kemudian Hewlett Packard mengikuti jejak Asus dan mengeluarkan HP Mini, Acer juga dengan Aspire One nya yang saat ini menduduki pasar netbook dalam hal penjualan. Dan banyak yang lain menyusul seperti MSI , Samsung, Dell dll.

Namun ada yang tidak mengikuti tren pasar tersebut karena beranggapan bahwa pasar tersebut merupakan pasar bawah dan bukan target dari pasar mereka seperti Apple dan Sony Vaio. Kedua merk ini memilih untuk konsen di pasar atas dengan mengedepankan kualitas dan gaya.

Industri PC akan memasuki tahun 2009 dan berharap keuntungan akan didapat. Peneliti pasar IDC memprediksi bahwa anggaran IT akan bersembunyi di seluruh Amerika Serikat dan Eropa, dan dengan menurunkan harga-PC diharapkan akan menjadi magnet untuk menarik konsumen.

0 komentar:

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Elf Coupons